Minggu, 06 Agustus 2017

Pengertian Dan Macam-Macam HARDWARE(Perangkat Keras)


Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Perangkat Hardware terdiri dari 3 jenis,yaitu:

 A.Input device                           
         Mouse 


Mouse berfungsi menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dijalankan. Perangkat ini dinamakan mouse, karena bentuknya yang menyerupai seekor tikus.



                                







         Webcam 
Webcam merupakan kamera digital yang dihubungkan ke komputer. Kebanyakan webcam saat ini menyatu dengan layar laptop. Webcam juga biasanya digunakan untuk mengambil gambar maupun video melalui jaringan internet.









          Scanner  
Scanner merupakan perangkat keras yang mempunyai cara kerja yang hampir sama seperti fotokopi,tetapi berbeda dengan cara kerja fotokopi, scanner berfungsi merubah file berupa kertas menjadi digital file yang dapat diolah di komputer.





           Keyboard
Keyboard merupakan papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard sendiri terdiri dari deretan huruf dan angka.





B.Process device
         Motherboard
Mainboard merupakan papan induk penghubung semua alat ppenghubung semua hardware processing dari processor sampai DVD-RAM.







          Processor
Processor adalah hardware yang mampu memproses data dalam bentuk apapun.processor dapat dihitung kemampaunnya dengan cara mengukur kecepatan porcessor itu bekerja dalam satuan Hertz(Hz).






          Ram
Random Access Memory, merupakan sebuah bagian pemrosesan data yang berfungsi untuk penyimpanan data sementara dan bersifat volatile, artinya data data yang disimpan dalam RAM tidak disimpan secara permanen. Hal ini dikarenakan RAM bekerja dengan menyuplai dan menyimpan data data dari Processor untuk diolah menjadi informasi. Kapasitas RAM yang sering dijumpai pada PC juga sangat beragam mulai dari 256 MB, 384 MB, 1 GB, 2 GB, 16 GB, hingga 32 GB.


            HDD
Harddisk adalah salah satu hardware komputer unit bagian penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan data data dikomputer secara permanen baik untuk menyimpan file software, OS, file audio, video, image, dan lainnya. Dalam harddisk terdapat beberapa tingkatan kelas yang mempengaruhi kecepatan transfer data yang disebut dengan Direct Memory Access. Sedangkan jenis jenis harddisk antara lain SATA, Disk SATA, Disk RAID, Disk SCSI, dan Disk ATA / EIDE. Kapasitas Harddisk yang dijual dipasaran juga bervariasi mulai dari 120 GB, 250 GB, hingga 2 TB



             Vga Card

VGA adalah Video Graphics Accelerator yang memiliki fungsi sebagai cara untuk mengolah data graphis untuk bisa menampilkan layar monitor. Selain itu Vga Card juga memiliki bagian yang prossesor yang biasanya disebut dengan GPU atau Graphics Processing Unit dan membutuhkan sejumlah memory.





            Power Supply
Power supply adalah perangkat keras yang berfungsi menyuplai tegangan langsung ke dalam komponen komputer, seperti hardisk, motherboard dan komponen lainnya. Power supply merupakan jantung dari sebuah komputer, karena semua sumber daya listrik dari komponen komputer disupply dari power supply. Power supply pada umumnya berupa kotak yang diletakan dibagian belakang atas casing. Daya power supply berkisar 150 watt sampai dengan 300 watt lebih. Tergantung banyaknya komponen pada komputer.


            Optical Drive
Optical drive adalah hardware yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data menggunakan teknologi optik untuk melakukan proses pembacaan dari optical disc dan penulisan dengan media yang berupa kepingan CD.





            Sound Card
Sound card adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Sound card terhubung ke slot ISA dan PCI pada motherboard. Biasanya sound card memiliki 6 port yang memiliki warna yang berbeda-beda. Sound card dibagi menjadi tiga: Sound card onBoard, Sound card offBoard, Sound card Eksternal. 



            HeatSink
Heatsink ini merupakan logam dengan design yang menyerupai kipas, terbuat dari alumuniun dan juga tembaga yang berfungsi untuk membantu proses pendinginan sebuah processor. Apabila Semakin luas permukaan perpindahan panas sebuah benda maka akan semakin cepat proses pendinginan benda tersebut. oleh karena itu heatsink ini sangatlah berguna untuk kinerja sebuah komputer.





C.Output device
          Monitor
Monitor adalah alat atau perangkat untuk menampilkan hasil dari pemrosesan data. Hasil yang ditampilkan pada monitor berbentuk gambar, teks, maupun video  berasal dari proses grafis yang dilakukan oleh VGA Card.








            Printer
Printer adalah alat yang diguanakan untuk mencetak informasi pada kertas. Dalam istilah komputer, informasi atau segala sesuatu yang telah tercetak di kertas dianamakan Hard Copy.








            Proyektor
Projektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.






            Speaker
Speaker adalah perangkat yang terbuat dari logam dan memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran, kumpuran, magnet, sebuah speaker tidak akan mengeluarkan bunyi. Fungsi speaker adalah mengubah gelombang listrik menjadi gelombang suara.








Beberapa hardware atau perangkat keras yang disebutkan di atas merupakan komponen dasar komputer yang perlu diketahui bagi Anda yang ingin belajar komputer. Walaupun masih banyak yang belum disebutkan, tetapi setidaknya Anda bisa memahami beberapa ulasan diatas.

OK!!..Sekiann... TerimaKasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar